SALAM LESTARI

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas anugerahNya sehingga Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI / Indonesian Heritage Trust) sejak pembentukannya pada 17 Agustus 2004 hingga kini senantiasa dengan segenap mitra organisasi pelestarian dan individu pemerhati dan praktisi pelestari bergerak bersama dalam mengawal kelestarian pusaka Indonesia.

Kami menyusun buku sederhana ini untuk memberikan gambaran betapa tingginya semangat masyarakat Indonesia dalam melindungi, mengembangkan dan mendayagunakan pusaka Indonesia baik pusaka alam, pusaka budaya dan interaksi antara keduanya yang disebut pusaka saujana. 

Rintisan kegiatan pelestarian dimulai sejak awal 1990an sebagai tonggak dimulainya Dekade I Gerakan Pusaka Indonesia dengan ditandai terbentuknya Jaringan Pelestarian Pusaka Indonesia (JPPI) pada tahun 2000. Rajutan simpul-simpul kegiatan pelestarian yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia terus berlanjut menjadi jejaring kuat dalam pelaksanaan Dekade II Gerakan Pusaka Indonesia 2003-2013 dan saat ini sedang menapaki Dekade III 2014-2023.

Ayo bersama-sama kita mengawal kelestarian pusaka Indonesia!

 

Catrini Pratihari Kubontubuh
(Ketua I BPPI)